Rabu, 02 Desember 2009

Waspadai Produk Kosmetik Ilegal


Liputan6.com, Bekasi: Tampil cantik, menarik, dengan kulit putih dan bersih adalah dambaan setiap wanita. Banyak cara dilakukan kaum hawa agar tampil cantik sempurna. Peluang ini sejalan dengan maraknya berbagai jenis produk kosmetik.
Banyaknya produk kosmetik, mengharuskan konsumen lebih teliti saat membeli. Aapalagi baru-baru ini Kepolisian Sektor Cibitung, Bekasi, Jawa Barat, meringkus sejumlah pria yang memproduksi kosmetik palsu. Polisi menyita barang bukti berupa bahan baku, bahan siap kemas hingga kosmetik yang siap dipasarkan.
Produk-produk itu tak mengantongi izin usaha yang sah. Produk itu pun diduga mengandung zat berbahaya yang bisa merusak kulit. Tergiur keuntungan berlipat, Feri tersangka yang bekerja sebagai buruh bangunan ini, menggaet sejumlah teman untuk memproduksi kosmetik palsu.
Komplotan Feri cukup serius menggeluti bisnis haram ini. Bahan baku yang mudah didapat dan jumlah produksi cukup tinggi sebanding dengan keuntungan yang diraih. Tersangka sengaja menjual dalam kemasan berisi satu lusin agar tak dicurigai. Sasaran peredarannya adalah daerah pinggiran yang cukup jauh dari pusat kota.
Satu kemasan produk dihargai Rp 4 ribu. Harga yang murah dan terjangkau kerap membuat pedagang lalai dan tak memperhatikan legalitas produk. Memang dampak menggunakan kosmetik palsu tak akan langsung terlihat. Namun, dalam jangka beberapa pekan usai pemakaian, dampak itu akan muncul.
Tak jauh dari toko yang menjual produk kosmetik palsu ditemukan produk serupa dengan kemasan yang hampir sama. Bedanya di toko itu memiliki kode produksi serta izin dari Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Ada perbedaan signifikan di antara produk asli dan palsu. Selain kemasan, warna produk juga berbeda.Para konsumen, hendaknya tidak tergiur harga murah dan mengabaikan dampak buruk yang mungkin timbul. Karena menyesal selalu datang terlambatLiputan6.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar